Tuesday, January 20, 2009

Penanaman Jati Emas Yang Ideal?

Dilahan sekitar satu hektar di daerah Kotabumi, Lampung saya mencoba menanam Pohon Jati Emas sebanyak 1.000 buah. Tepatnya sekitar bulan Agustus 2007 saya membeli bibit emas tersebut dalam acara tahunan Flona di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Dengan pembelajaran teori sederhana akhirnya saya menanam pohon tersebut.
Sekelumit proses penanaman pohan jati emas:
Rata Penuh1. Bibit Jati Emas
Karena saya baru mencoba untuk menanam Pohan Jati Emas, bibit saya beli dari salah satu peserta pameran Flona tahun 2007 di Lapangan Banteng yaitu PT. Tirtabrata Niagatama dengan harga perpohon adalah Rp6.500,-.

2. Persiapan Lahan
Lahan yang sekarang kami tanami dengan pohon jati emas sebenarnya sudah beberapa kali ditanami oleh tanaman-tanaman lainnya, seperti cengkeh, kemiri, singkong, jangung dan yang terakhir adalah rambutan. Lahan tersebut kami bersihkan dengan memotong seluruh pohon yang ada, kayu serta ranting-ranting sisa pohon kami bakar.



3. Pembuatan Lubang
Setelah lahan bersih kami lakukan pengukuran jarak jati untuk di tanam. Jarak penanaman yang kami lakukan adalah 2 x 2 meter. Tanah digali dengan ukuran lebar lubang adalah 40 x 40 cm dengan kedalaman 40 cm. Tanah Bagian atas dicampur dengan kurang lebih 5 kg pupuk kandang, diaduk-aduk sampai rata dan kembalikan kebagian dasar lubang.

4. Penanaman
Lepaskan polybag tanaman kemudian tanam bibit jati emas tersebut ditengah-tengah lubang yang telah dipersiapkan, lalu tutup dengan tanah bagian bawah yang tidak tercampur apapun.

5. Pemberian vaksin
Vaksin yang telah diberikan oleh perusahaan dicampur dengan air, kemudian disiramkan pada tiap pohon jati yang baru ditanam. Usahakan vaksin yang telah dicampur air tersebut sampai kedalam tanah. Pemberian vaksin dilakukan setelah pohon jati ditanam antara 1 s.d 2 minggu.

6. Pemupukan
Hal yang sangat penting dalam pembudidayaan tanaman jati adalah faktor pemupukan. Dengan pemupukan yang teratur dan dengan dosis yang sesuai maka jati akan tumbuh sesuai dengan yang diharapkan. Pemupukan dengan dua cara yaitu dengan pupuk kandang (kompos) dan dengan pupuk kimia. Dengan pupuk kimia dapat menggunakan NPK 15 15 15 sebanyak 250 gr selama 6 bulan (2 kali pemupukan. Setelah itu dengan dosis NPK 15 15 15 sebanyak 500 gr setiap 6 bulan sekali selama 2,5 tahun (5 kali pemupukan). Setelah itu pemupukan kimia dapat dilakukan setiap tahun sampai jati dipanen. Dosis pemupukan kimia tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi tanah.

7. Penyemprotan Hama
Hama yang menyerang pohon jati yang kami alami adalah berupa ulat, belalang putih maupun rayap. Ulat menyerang pada pohon jati dibawah 1 tahun. Ulat menyerang daun dengan memakannya sampai dengan pucuk batang pohon jati. Biasanya ulat menyerang pada malam s.d. pagi hari. Usahakan sesering mungkin untuk melihat pohon jati, terutamanya pohon jati dibawah usia 1 tahun. Membasmi ulat dapat dilakukan dengan menyemprotkan pestisida, antaranya Decis, Buldog taupun Curacron.

Mungkin ada yang mempunyai cara yang lebih baik dalam proses penanaman dan pemeliharaan pohon jati emas dapat berdiskusi di blog ini agar menambah wawasan kita.

Wassalam

66 comments:

  1. salam kenal, bagaimana kondisi tanaman nya sekarang pak? semoga sukses kalo boleh sharing foto2nya

    ReplyDelete
  2. Boleh...silahkan.....
    foto-foto yang lainnya akan kami post pada tulisan yang akan datang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ass. Pak Ikhwan, perkenalkan nama saya haris dari bandar jaya lampung tengah. mohon bisa dikirimkan alamat lengkap rumah bapak ke email sy haris.nsniconss@yahoo.co.id beserta nomor yg dapat sy hubungi. saya ingin belajar langsung dan share mengenai budidaya jati mas tersebut..trim's

      Delete
  3. Jawaban atas pertanyaan Mas Dadi (dadyutomo@yahoo.com)

    Terima kasih atas komentarnya :
    1. Kondisi jati emas sekarang alhamdulillah sesesuai dengan apa yang diharapkan. Dari sekira 1.000 pohon dalam penanaman tahap pertama hanya sekita 2% -4% yang mati.
    2.Didaerah lampung kemungkinan besar banyak yang menyediakan bibit jati emas/super dengan kultur jaringan, apabila tidak ada dapat dibeli di luar lampung, misanya sukabumi dll, dan saya kira mereka mau mengatar sampai dengan tujuan
    3. pertanyaan 3 & 4 akan kami sampaikan pada tulisan yang akan datang.

    sebaiknya pertanyaan/comen disampaikan di blog saja agar dapat direpplay oleh temen-temen yang lain

    thanks

    ikhwan

    ReplyDelete
  4. Salam kenal, bpk Ikhwan.

    Melihat foto-2 jati emas milik bpk,
    pertumbuhannya sudah cukup pesat. Mestinya pertumbuhan bisa jauh lebih pesat, bila bapak melakukan langkah awal berupa Pembalikan tanah/lahan dan perataan terlebih dahulu dengan cara dibajak pakai traktor.
    ;-)

    Hal ini diperlukan untuk memperbaiki unsur hara tanah dan pencocokan PH tanah yg hendak ditanami dengan Bibit Jati.

    Proses pembajakan tanah ini dilakukan untuk membalik tanah yang ada sedalam +/- 40 cm, di mana tanah bagian bawah nantinya akan menjadi lapisan atas. Proses ini dijalankan bersamaan dengan pemberian :
    - Pupuk kandang atau kompos dengan komposisi 10 Ton/per-Ha,
    - Dolomit (kapur Magnesium) 250 Kg/per-Ha. pohon Jati pada habitat aslinya tumbuh di pegunungan berkapur dengan ketinggian di atas 2.000 mtr. Dolomit ini sangat diperlukan karena pohon Jati sangat memerlukannya untuk pengerasan batang dalam proses pertumbuhannya.

    Pada saat proses pembajakan, lahan dibanjiri dengan air setinggi 40 cm baru dilakukan pembajakan lahan, dan air dibiarkan hingga kering sendiri, dengan tujuan terjadi pula proses pelapukan tanah, sehingga sangat cocok untuk bibit yang hendak ditanam.

    Semoga sharing ini bisa berguna untuk rekan sekalian.

    Juga bagi rekan-2 yang berminat ingin berinvestasi dalam budidaya Jati Emas, saya punya 514 Btg Jati Emas usia 4 tahun yang hendak saya jual.
    keterangan lengkapnya bisa dilihat di
    http://jati-emasku.cjb.net

    Salam sejahtera,
    Purnomo
    karunia88perdana@yahoo.com

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas informasinya, insyaallah saya baru menanam pohon jati emas sebanyak 1.000 batang tahap ke dua (Bulan Januari 2009). sekalian saya mau tanya mas, Pohon jati pak Purnomo yang umur 4 tahun tersebut kira-kira diameternya berapa...... dan lokasinya dimana .....thanks

    ReplyDelete
  6. Saya juga sangat tertarik pak ikhwan untuk menanam pohon jati emas ini, apakah bapak dapat memberitahu saya buku,tempat kursus dan tempat pembelian dgn jumlah sedikit lebih kurang 100 bibit saja, berhubung saya hanya mempunyai lahan lebih kurang 1000 meter persegi

    Salam
    Iwan Ibrahim

    ReplyDelete
  7. Maaf telat mas....

    Terima kasih atas keinginannya untuk menanam jati emas..

    Kalo mengenai buku banyak yang menjual tentang budidaya jati emas, namun demikian kalo mengalami kesulitan buku bisa saja kita berdiskusi melalui blok ini.

    Mengenai kursus kami kira tidak perlu, bisa langsung praktek aja mas.

    Mengenai informasi tempat penjualan jati emas banyak yang menjual varietas tersebut. Seandainya mengalami kesulitan dapat juga dibeli di WISMA JATI EMAS, Jln. Mayjend HE. Sukma Km.2 Gang Ayu No.19 Ciawi Bogor, Telp (0251) 247703 Fax (0251) 247703 (tempat kami membeli bibit)

    ReplyDelete
  8. Maaf nih bapak2... saya mau sedikit bila diperbolehkan...

    Setelah proses penebangan jati yang sudah matang, kepada siapakah kita menjual kayu jati tersebut? dan prosesnya bagaimana? apakah perlu surat2 dari pemerintah setempat atau mungkin ada kriteria yang lain?

    Kalo boleh ada satu lagi pertanyaan... dari segi keamanan bagaimana cara menjaga pohon jati yang kita miliki? karena yang saya lihat dari berbagai article banyak sekali perkebunan jati yang pohonnya di tebang liar oleh orang2 sekitar. apakah kita mendapatkan perlindungan dari polisi atau mungkin instasi lain dalam penanaman ini?

    Maaf nih kalo pertanyaanya sedikit bodoh...

    Erland

    ReplyDelete
  9. Buat Mas Erlan

    Sebenarnya investasi berupa penanaman pohon jati emas atau jenis jati dari kultur jaringan sangat bagus prospeknya kedepan. Karena pohon tersebut dapat dipanen lebih cepat dibandingkan pohon jati lainnya. Jati tersebut dapat dipanen antara 7 s.d. 10 tahun. Dari informasi yang kami peroleh diameter pada usia tersebut antara 30 s.d. 45 cm. Demikian pula dengan nilai jual yang kayu jati tersebut, cukup tinggi. Jadi mengenai kekhawatiran siapa yang akan membeli pohon jati tersebut setelah panen, tentunya akan banyak yang akan membeli. Dari data yang diperoleh saat ini bahwa, untuk kebutuhan dalam negeripun kususnya untuk industri mebel masih sangat kurang. Namun demikian, kami akan membantu proses penjualan jati yang Bapak panen (Informasi dapat melalui internet dll).

    Yang kami tahu sampai saat ini bahwa, memang setiap akan panen/ menebang pohon jati harus ada izin dari Departemen Kehutanan, melalaui instansi vertikal di bawahnya/ didaerah masing-masing. Update yang terakhir adalah setiap M3 dikenakan biaya antara 25.000,- s.d. 50.000,- (informasi selengkapnya akan kami sampaikan kemudian)

    Sampai saat ini, mengenai keamanan perkebunan jati yang kita tanam masih aman/pengamanan sendiri. Namun demikian, apabila Bapak tidak dapat setiap hari negontrol kebun jati, dapat bekerjasama dengan penduduk setempat.

    ReplyDelete
  10. salam kenal mas ikhwan saya sangat terinspirari dan saya ingin sekali mengikuti jejak dan saya harap sharing ini terus berkesinambungan regards from ariesta_romanti@yahoo.com

    ReplyDelete
  11. Baik mas.....semoga dengan shering dan berbagi pengalaman banyak teman-teman yang tertarik dengan agroindustri khususnya bidang perkebunan, penanaman jati emas. Kita jadikan Indonesia "Hijau".

    ReplyDelete
  12. assalamualaikum pak...
    saya mau tanya nih untuk jati emas yang berdiameter 30 harga di pasar saat ini kisaran berapa ya? krn jati emas kakek saya sudah berumur 4 thn lebih...terima kasih atas infonya...salam sukses berkebun pak...

    ReplyDelete
  13. ass.wr.wb
    skadar sharing, ada beberapa website yg saya suka liatin, kayanya serius mngenai jatiemas. www.goldteak.com kalo ga salah disukabumi.

    saya juga nanam kurang lebih 20000 pohon, di daerah banyuwangi. pengalaman paling sengsara / capek 1-3 tahun pertama, karena banyak faktor; (i.e komposisi pupuk, pruning ranting kecil, u/ menjaga kelurusan pohon, angin / cuaca yg kadang2 bikin jati miring / doyong / rusak)

    yang paling kerasa si maintenance cost..hmmm bener2 bikin sakit kepala kalo ga prepare...beli bibit si kuat2 aja paling pol 20-30 juta plus sewa lahan...(atau lahan sendiri)..tapi bayar orang utk merawat (walaupun sedikit kali sekian tahun tetep pake duit to??) merupakan hal yg harus dihitung teliti juga (kecuali bagi hasil, sementara buruh kan juga butuh makan hari ini, bukan 5-10 th kedepan...:(

    alhamdulillah sekarang dah masuk tahun ke 6, saya mulai nanam tahun 2004 bulan februari...rata2 diameter 12-15, tinggi 10-15 meter. (dan saya masih harus bayar buruh untuk maintain...)tapi kalo ga di lakukan, kapan bisa dapat hasil panen yg maksimal kan??

    bibit saya beli dari warujayeng nganjuk, jatim. kalo borongan bisa miring, sampai 2000 / btg..

    saran saya, berkebun jati emas ini sgt bagus u/ celengan masa depan..dan tidak boleh "mutung/ngambek" ditengah jalan. Dan harus diitung betul ready cash reserve routine u/ 3-6 tahun kedepan, walaupun sedikit, tetap biaya..

    kalo penjualan saya optimis, saya dah cek di mbah google (kalo ga salah banyak pengepul jati di derah cepu / bojonegoro / sukabumi/ dsktarnya..(hehehe), buyer akan ada saja. asal jangan keburu - buru ngejual, ntar yang panen malah pengijon / tukang tutup tanahnya...kan sayang...


    sekian, sekedar sharing saran sama experience for the last 6yrs ago..mudah2an manfaat

    wassalam
    haris S./ Bali

    ReplyDelete
  14. Wah kayaknya menarik neh. Saya juga kepingin nanam jati emas. Kira2 dapat harga berapa ya bibit per pohonnya? Dan apakah bibit tersebut bisa dipastikan keasliannya apakah itu jati emas atau bukan. Nah mungkin bapak2 ada yang mau ngasih solusi buat saya yang akan mulai usaha (newbie) ini. Terimakasih sebelumnya. Tolong kirim balasan di kentanxboom@yahoo.co.id

    Johny Burt.

    ReplyDelete
  15. Maaf pak Ikhwan, telat balas postingnya.

    Pohon Jati-Emas saya berlokasi di Pasuruan.
    Untuk melihat lokasi tepatnya, bapak bisa klik
    http://Jati-Emasku.cjb.net

    Pohon Jati-Emas saya jual borongan,
    bisa dgn kondisi langsung tebang,
    atau Jual-Ijon (tebang thn 2020).

    Harga : NEGO

    Untuk keterangan lain-2,
    bapak bisa telp/SMS ke 081230868008.

    Salam sejahtera,
    Purnomo
    karunia88perdana@yahoo.com

    ReplyDelete
  16. Selamat siang Bapak2.

    Saya baca artikelnya semakin seru nih.
    Saya sangat tertarik untuk investasi di perkebunan, dan kebetulan saya paling tertarik dengan jati. Mungkin bapak Ikhwan atau bapak2 yang lain bisa prepare jenis jati apa yang cocok untuk lahan di daerah Kalimantan barat. dan kira2 dimana saya dapat membeli bibit yang baik?

    Saya punya lahan sekitar 20 hektar, dan sebagian besar dari lahan tersebut masih belum dimanfaatkan, jadi saya berpikir untuk mengelolah lahan nganggur tersebut.

    kira2 ada tips khusus untuk mengenal bibit jati yang asli atau cuma pake feeling untuk mengenali keasliannya?

    Waktu penanaman apakah ada ijin khusu yang harus di lengkapi untuk mengembangkan usaha ini? karena seperti kita tau, di negara kita sendiri salah satu yang paling disorot selaen korupsi mungkin ilegal logging, jadi jangan sampai pohon yang ditanam tidak dapat di panen pada waktu yang sudah memungkinkan untuk di panen.

    Mungkin jawabannya bisa di replay di christian_selvanus@yahoo.com
    Terima kasih banyak.
    Salam Sukses untuk bapak2 semua.
    Christian Selvanus Sanjaya.

    ReplyDelete
  17. maaf bapak2 semua salam sejahtera selalu,, saya mau jual Jati didaerah lampung,, punya keluarga (orangtua saya) namun sampai saat ini saya tdk bisa menjual jati tsbt, karena terlalu murah dibelinya adakah bapak2 semua kenalan atau rekan yg bisa beli jati saya terimaksih,
    patni 021-70346353

    ReplyDelete
  18. Selamat sore Pak Ikhwan, saya tertarik juga dengan penanaman jatimas. Saat ini di lahan kosong saya di lampung saya tanami dengan jatimas,sesuai dengan petunjuk jarak tanam 2x2M. Yang ingin saya tanyakan, jika tanaman sudah berumur antara 1 tahun apakah disela-selanya bisa ditanami dengan tanaman lain misalnya coklat mengingat coklat saat ini juga potensial. Terima Kasih.
    Salam Drajat

    ReplyDelete
  19. maaf pak ikhwan, no tlp wisma jati mas tdk bisa dihubungi,mungkin ada no lain?

    ReplyDelete
  20. salam sejahtera pak ikhwan.. bagaimana mengenai jenis tanah yang dapat di tanami golden oak? saya punya beberapa bidang tanah di daerah kota malang. saya tertarik untuk menanamnya dengan golden oak. hal-hal apa saja yang hrus sya persiapkan.. trm ksh..

    ReplyDelete
  21. SALAM KELNAL PAK
    SAYA NAVIS MAGELANG JAWA TENGAH
    KALO SAYA MAU CARI BIBIT SEKITAR MAGELANG BISA BELI DIMANA YA

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau beli berbagai macam bibit+ukuran bisa hubungi nomor ini 081327581963/087732796677

      Delete
  22. selamat menunggu panen pak !
    tapi kok kelihatannya gampang2 rumit yaa... saya mau ikutan coba tanam jati emas deh, biar bumi makin hijau dan kelak juga bisa panen....

    ReplyDelete
  23. Ikutan sharing ya mas,

    Jati emas pada umur 5 tahun apakah dianggap sudah cukup matang untuk dipanen, apakah hasilnya bila dibuat meubel bisa baik (tidak memuai/ melengkung/mengkerut dsb).

    Lebih untung mana kita jual langsung atau buat usaha meubel aja biar bisa menciptakan lapangan kerja utk masyarakat sekitar.

    Terima kasih sebelumnya atas tanggapannya.

    Tomo, 081380399556

    ReplyDelete
  24. Salam sejahtra saya numpang tanya nih pak Ikhwan saya ada jati mas -+ 1hectar berisi 1100 pohon sudah umur 11 thn jalan, apakah sudah bisa di panen? saya kurang tau dgn harga kayu dan bagaimana caranya di hubungi atau menghubungi, wong saya tinggal di desa mohon informasinya trima kasih sebelumnya
    ini alamat email saya iwankon@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal agung,maaf saya mau tanya nich usia 11th itu(skrg sudah 13th)itu diameter brapa cm ya?trimakasih infonya...dari onix mohon info pada syntica_aryani@yahoo.co.id

      Delete
  25. Salam kenal pak saya Efan dari bekasi kalau saya mau mencari bibit jati emas di sekitar bekasi/jakarta di mana y..???

    ReplyDelete
  26. Mengucapkan selamat buat pak Ikhwan yang sudah membagikan pengalamannya bagi orang banyak. Semoga blog ini memberikan manfaat bagi lebih banyak orang, Amin.

    Saya Tarjo, Bogor.
    Pertama,
    Mohon tanya ya, saya mau tanam jati di daerah Bogor dengan curah hujan yg agak tinggi, di lahan bekas persawahan, kontur tanah miring, 100 meter dari lahan terdapat sungai irigasi yang kalau dialirkan bisa membasahi lahan, tapi air yang mengalir ke lahan bisa disetop sesuai kebutuhan, dan bisa kering permanen.
    Pertanyaannya, Bisakah pohon jati dapat tumbuh dengan baik pada lokasi demikian?

    Kedua,
    Selain itu lahan sebelahnya ditanami padi. Pertanyaannya, kalau lahan saya ditanami Jati, apakah ada pengaruh yang merugikan bagi lahan sebelahnya yang ditanami padi?

    Terimakasih atas segala kebaikannya.
    Wassalam
    Tarjo

    ReplyDelete
  27. Salam Kenal dari anita

    Mau tanya pak kalo untuk ukuran tanah 700/M2 di daerah Garut ( ranca buaya ), dapat ditanam berapa jati ya? kira2 dengan lahan seperti itu, biaya setahunnya berapa Ya, pak. Maklum pak pemula yang sedikit Modal, hhhh

    Mohon dibalas di anita.wazriany@bankbtpn.co.id
    ya pak. Nuhun

    ReplyDelete
  28. Salam kenal
    saya aldrin, orang tua saya di blora sudah tanam jati sekitar 3 tahun lalu dan saat ini diameter kurang lebih 15 cm.
    Jenis jati saya tidak tahu.
    apakah ada cara agar pertumbuhan jati tersebut dpercepat ? atau pemupukan yang bagaimana yang harus kami lakukan.
    trims
    aldrin

    ReplyDelete
  29. Relawan Bandung Crisis Centre Divisi Balai LAtihan Pertanian Peternakan akan buat penelitian cara melawan hama JATI MAS.Mhn bantuan dikirimkan ke Sarijadi Blok 26 No. 156 BANDUNG, contoh daun yg terserang hama dg hamanya jg spt : ulat, belalang putih maupun rayap dalam keadaan basah. Hasilnya akan dilaporkan ke alamat ini. call : 022-70968570

    ReplyDelete
  30. TERIMAKASIH INFORMASINYA SAYA SEDANG MEMIKIRKAN UNTUK MENANAM JATI TAPI TERKENDALA LAHAN.
    APAKAH LAHAN YANG SEMPIN ATAU SEDIKIT DAPAT DITANAMI DENGAN JATI. TERIMAKASIH SEBELUMNYA

    ReplyDelete
  31. Salam kenal

    Saya tinggal di daerah bekasi ( Cikarang ) mempunya tanah dengan luas 1400 m2. Pertanyaan :

    1). Cocok tidak lokasi tanah saya di tanami dengan pohon jati emas.
    2). dengan luas tanah 1200m2 berapa jumlah yang sesuai untuk di tanami pohon jati.
    3). Dimana tempat menjual bibit jati emas di daerah bekasi.

    terima kasih.

    Please info to email saya driez_81@yahoo.com / phone 021 444 36291.

    ReplyDelete
  32. Mas Ikhwan, saya mau numpang tanya. Sampai dengan saat ini berarti jati emas yg Mas tanam (1000 pertama) sudah berumur 3 tahun. Boleh minta info-nya saat ini pohon2 tersebut sudah tinggi berapa dan diameter berapa yah ?
    Terima kasih
    Rusdian

    ReplyDelete
  33. Yth. Mas Rusdian

    Alhamdulillah dari 1000 pohon penanaman pertama yang sekarang berumur 10 tahun (Oktober 2010) sekitar 30 pohon aja yang mati sisanya hidup.
    Kondisi pohon sampai saat ini sbt :
    1. Diameter pohon rata-rata sekitar kurang dari 10cm.
    2. Tinggi Pohon rata-rata sekitar diatas 5 meter.
    3. Tingkat kelurusan batang, sekitar 90%
    4. 1 Pertama banyak hama menyerang diantaranya; kupu putih, belalang 7 Ulet. Tapi setelah diatas umur 1 tahun s.d. sekarang, maha sama sekali tidak ada.


    Keterangan :

    Setelah saya amati bahwa, diameter yang ada sekarang kurang memuaskan, hanya rata-rata kurang dari 10cm. Hal tersebut telah saya tanyakan kepada penjual bibit yang kami beli dari sukabumi, ternyata penyebabnya adalah kurangnya unsur hara pada tanah. Sarannya adalah : 1). Diberi pupuk kandang, 2). NPK tetap Diberikan tapi yang lebih penting adalah unsur Phospor ditambahkan karena untuk pembesasan batang.

    Dengan kondisi tersebut harapan akan panen 5 atau 7 tahun saya kira agak berat. Kami prediksi umur 10 s.d. 15 tahun baru layak untuk di panen.

    Nb. Foto2 kondisi jati emas sekarang, akan kami upload di sini setelah saya pulang kampung ke Lamp[ung. Insyallah lebaran ini kami pulang.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  34. Mohon info apakah penanaman pohon jati emas akan menimbulkan masalah dgn tanah sekitarnya? Hal ini saya tanyakan karena menurut seorang teman, dia di komplain oleh penduduk sekitar kebunnya yg ditanami jati emas, yang berdampak terhadap ketidaksuburan tanah sekitarnya milik penduduk.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  35. Assalmualaikum.... mohon info jika saya hanya mempunyai tanah hanya 300 m2, kira kira berapa batang bibit jati emas yg harus saya beli?? terima kasih

    ReplyDelete
  36. hati-hati bagi agan-2 yang baru mulai/akan nanam jati mas. karena saya sudah nanam 7thn lalu sebanyak 21ribu pohon, sekarang waktu penjarangan, midel jati mas yg saya jarangkan berkisar 4cm - 19 cm. dan anehnya tidak laku dijual/sangat murah sekali.
    Atau mungkin ada agan yang mau beli jati mas saya

    ReplyDelete
  37. Vaksinnya untuk vaksinasi umur 1-2 minggu namanya apa ya pak...???? trus beli'y dimana..?? terima kasih sblum'y..

    ReplyDelete
  38. sory bos yg posting feb92011 lokasinya dimana ya and bos nyang punya warung kok gak pernah keliatan. gimana bos kayu jatinya ? thx u

    ReplyDelete
  39. saya ali di ngawi menyediakan bibit jati harga mulai 1500-2000/perbatang hubungi 085790429775

    ReplyDelete
  40. Khoirul-purwodadi-jatengMay 31, 2011 at 10:19 AM

    mohon maaf sebelumnya....

    saya termasuk awam dalam hal jenis pupuk kimia...
    saat ini saya udah menanam pohon jati pada lahan 1000 meter persegi dengan jumlah bibit 135batang saat ini umur jati 4 bulan usia tanam.,
    yang mau saya tanyakan untuk pemupukan dengan pupuk NPK 15 15 15 yang dimaksud pupuk tsb bagaimanakah...?? apakah kalo kita beli di toko pertanian dengan menyebutkan pupuk tsb tokonya paham ataukah ada nama lain..??
    yang ke dua cara pemupukannya apakah di tanam tepat pada batang pohon ataukah mesthi ada jarak...??
    sekali lagi mohon maaf, untuk jenis pupuk yang saya tahu cuman jenis urea..

    mohon petunjuknya ...terimakasih...

    ReplyDelete
  41. saya sudah mencoba menanam jati emas sekitar 2000 pohon. saat ini usianya sudah 2 tahun lewat. diameter rata2 5cm dan tinggi setinggi sekitar 7 meteran.
    saat ini mencoba membuka lahan baru dan membuka kesempatan untuk mitra usaha.
    bisa beli ijon jati yang ada atau dibantu pembelian lahan dan penanamannya (sistem bagi hasil)
    untuk jelasnya
    triagung.martono@gmail.com
    atau
    08112507737
    agung

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon infonya pak agung skarang diameter pohon jati p agung berapa cm ya? trimakasih sebelumnya

      Delete
  42. Bapak yth ,
    Tertarik dgn diskusi2 bapak, saya ingin meminta pendapat bapak , mengingat saya juga baru saja membeli sebidang kebun jati 1 ha di daerah Bali dgn 1200 pohon usia 7 tahun diatasnya dan rata ketinggian kayu 10m dan lingkaran sebesar paha orang dewasa , saya merencanakan utk melakukan penjarangan pada bulan ini , jadi saya ingin memohon anjuran bapak untuk evaluasi kebon saya ini , dan bgmn kasan sekilas bapak mengenai kesuburan nya .
    Apakah boleh saya mengirimkan via email bbrp foto kebun dgn foto nya kepada bapak? oleh karena saya tidak mengerti bagainana cara mengeposkan foto pada forum ini selain pada email .
    Mohon jawaban bapak , dan atas perhatian nya saya ucapkan terimakasih

    ny.D Handoko
    dhandoko@cbn.net.id

    ReplyDelete
  43. selamat siang kawan2 semua, sebelumnya saya mhn maaf krn saya msh awam dengan tanaman pohon jati ini, kebetulan saya memiliki lahan yang sangat luas dari warisan orang tua, kondisi lahan tersebut berbentuk miring berada di perbukitan dekat dengan hutan, dengan suhu sekitar 19 derajat celcius jadi tempatnya dingin, pertanyaan saya apakah pohon jati emas dapat tumbuh dengan sempurna dgn kondisi daerah yg saya sebutkan tadi. tks atas informasinya

    Mr. jenda
    harley_jks@yahoo.com

    ReplyDelete
  44. Saya memiliki lahan 7,5 Ha di daerah Sukabumi Selatan Desa Ciemas. Adakah dari rekan-rekan yang berminat untuk berinvestasi menanam jati. pembagian keuntungan dilakukan dengan sistem bagi hasil.

    jika ada rekan-rekan yang berminat dapat hubungi saya di 085211536133 atau lukman.hakim_ipb@yahoo.com

    ReplyDelete
  45. Saya memiliki lahan 7,5 Ha di daerah Sukabumi Selatan Desa Ciemas. Adakah dari rekan-rekan yang berminat untuk berinvestasi menanam jati. pembagian keuntungan dilakukan dengan sistem bagi hasil.

    jika ada rekan-rekan yang berminat dapat hubungi saya di 085211536133 (Lukman Hakim S)
    atau
    lukman.hakim_ipb@yahoo.com

    ReplyDelete
  46. Salam kenal semua,

    Saya berencana untuk menanam pohon jati diatas lahan seluas 1000 m, lokasi didaerah Wates, Jawa Tengah, berapa jumlah bibit yang bisa ditanami diatas lahan tsb, dan jenis pohon jati apa. Saya mohon sarannya, sekian dan terima kasih.

    Salam,
    Rini

    email : dindalisty07@yahoo.com

    ReplyDelete
  47. Sangat menjanjikan menanam jati emas ini.

    ReplyDelete
  48. Rumah Sakit Islam Sakinah Mojokerto,telp :(0321)321922,326991,329669.sms:08563422761

    ReplyDelete
  49. jakalestari tubanMarch 23, 2012 at 9:52 PM

    OK.SAHABAT SEKALIAN SY BACA TENTANG TANAMAN JATI INI MEMANG BANYAK MANFAATNYA SOALNYA SY SDAH MENCOBA DLM 1 KAPLINGAN 10X20 M DENGAN PAKAI TEORI TESBT SANGAT JITU DENGN CATATAN HRS TLATEN DAN SABAR TERNYATA KUNCINNYA.
    INI MENJADI INPIRASI BG SY UNTK BEKEMBANG YG LBH BESR .
    TRMKS

    ReplyDelete
  50. assalamualaikum pa ikhwan,,, saya ingin mencoba menanam pohon jati emas,,, untuk percobaan hanya saya sedia kan lahan sebesar 100m untuk saya lihat selama satu tahun. berhubung saya sangat buta dengan penanaman pohon jati, langkah awal yang harus saya lakukan apa ya pak?

    saya ingin terus share sama bapak
    ima_9017@yahoo.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  51. assalamualaikum pak ikhwan..kalau bapak tahu untuk bibit di daerah jawa barat temaptnya d mana pak?mudah-mudahan bapak tahu..
    terima kasih

    ReplyDelete
  52. I almost never leave a response, however i did a few searching and wound up here "Penanaman Jati Emas Yang Ideal?".
    And I do have some questions for you if it's allright. Could it be just me or does it look as if like some of the remarks come across like written by brain dead folks? :-P And, if you are posting on additional online sites, I would like to follow anything fresh you have to post. Would you make a list of all of all your communal sites like your twitter feed, Facebook page or linkedin profile?

    my web blog :: move next

    ReplyDelete
  53. Your means of explaining all in this article is truly pleasant, every one be
    able to effortlessly be aware of it, Thanks a lot.

    Here is my weblog: multibanka

    ReplyDelete
  54. Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wished to say that I've really enjoyed surfing around your blog posts. In any case I'll be subscribing to your rss feed and I hope you write
    again very soon!

    my web-site caribean

    ReplyDelete
  55. My spouse and I stumbled over here by a different web page
    and thought I should check things out. I like what I see
    so i am just following you. Look forward to finding out about your web page yet again.


    Also visit my weblog: tsunamis

    ReplyDelete
  56. I just like the valuable information you supply on your articles.

    I will bookmark your blog and take a look at again right here regularly.
    I am moderately sure I'll learn lots of new stuff right here! Good luck for the next!

    my webpage - lordinateur

    ReplyDelete
  57. Hi, I think your site might be having browser compatibility issues.
    When I look at your website in Chrome, it looks fine but when opening in
    Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted
    to give you a quick heads up! Other then that, great blog!



    Also visit my weblog: buds

    ReplyDelete
  58. It's amazing in support of me to have a website, which is good for my experience. thanks admin

    Here is my webpage - http://csclab.postech.ac.kr/groups/mine/wiki/5bce7/Instruction_for_guys_Around_Ejaculation_problems_Supplements.html

    ReplyDelete
  59. You really make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be really something that I think I would never understand.
    It seems too complicated and very broad for me.
    I am looking forward for your next post, I'll try to get the hang of it!

    My blog post - http://topseiten.moeller-kauf.de/index.php?a=stats&u=kathleenstarlin

    ReplyDelete
  60. Bibit buah tin di jogja hub 087839145118 , Durian pelangi, dan buah unggul lainya

    ReplyDelete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete